4 Penyebab Kenapa ASI Tidak Keluar Lagi

penyebab asi tidak keluar

ASI adalah kemampuan eksklusif yang hanya bisa dilakukan oleh ibu sebagai wujud cintanya kepada sang bayi, pun yang notabene punya banyak manfaatnya ASI tersebut bagi sang ibu dan sang bayi.

Sayangnya, sering kali dijumpai banyak kendala yang menyebabkan ibu tidak bisa menikmati waktu menyusui si buah hati, pasca persalinan. Dikarenakan, ASInya tidak keluar lagi.

Pada dasarnya, setiap wanita yang selesai melahirkan akan memiliki kemampuan untuk mengeluarkan ASI. Namun, pada beberapa kasus, ASI pada ibu tidak bisa atau sulit sekali untuk keluar, sekalipun telah dipancing dan bayi benar-benar telah membutuhkan.

Setiap ibu rupanya memiliki karakteristik yang berbeda-beda terkait produksi ASI. Pada sebagian ibu, ASI langsung keluar beberapa saat setelah melahirkan. Ada pula yang tiga hingga empat hari kemudian, bahkan ada pula yang tidak keluar lagi sama sekali.

Lantas, apa penyebab ASI pada ibu tidak keluar? Berikut ini penjelasannya kenapa..

1. Terdapat Plasenta yang Tertinggal Setelah Melahirkan

Bagian plasenta yang tertinggal setelah melahirkan dapat menyebabkan pendarahan. Melalui pemeriksaan USG, dokter akan mengambil tindakan terkait plasenta yang tertinggal sehingga jalan ASI tak akan terhambat lagi.

asi tidak keluar lagi

 2. Melahirkan dengan Operasi Sesar

Operasi sesar yang tidak terencana dapat menjadi kendala keluarnya ASI. Air susu jadi membutuhkan waktu lama untuk bisa diproduksi. Sekalipun demikian, biasanya kendala ini hanya masalah waktu, dalam hitungan hari atau minggu umumnya ibu yang melahirkan dengan sesar akan mampu menghasilkan ASI dengan baik.

 

3. Payudara Mengalami Pembengkakkan

Pembengkakan pada salah satu kelenjar payudara setelah melahirkan dapat mengganggu produksi ASI.

 

4. Ibu Mengalami Stress

Gangguan psikologis yang mungkin dialami ibu setelah melahirkan juga dapat mengganggu produksi ASI. Namun setelah psikis ibu normal, kemungkinan besar ASI juga akan lancar kembali.

kenapa asi tidak keluar lagi

Salah satu cara untuk merangsang keluarnya ASI adalah dengan memberikan ASI dini kepada bayi, yakni menyusui bayi segera setelah melahirkan sekalipun ASI sebenarnya belum keluar. Kolostrum atau ASI pertama yang keluar dari payudara ibu amat baik untuk pencernaan dan pertumbuhan bayi.

Umumnya, ibu mengalami kesulitan keluar ASI antara satu hingga tiga hari setelah melahirkan. Jika sudah dicoba berbagai cara alami namun ASI belum juga mau diproduksi, sebaiknya ibu konsultasikan diri ke dokter agar mendapat penanganan.

Sumber gambar: Pixabay, dll.